5 Tips Traveling Hemat ke Korea Selatan

Sudah merencanakan liburan ke Korea Selatan dan sedang mencari informasi agar bisa traveling hemat di sana? Berikut tips-nya.


Apakah Anda terkena “demam” Korea, ingin melihat pemandangan indah, hendak wisata kuliner penuh cita rasa, atau mau belanja barang-barang lucu dan unik? Semua bisa Anda lakukan di negeri ginseng, Korea Selatan.

Sejak merebaknya K-Pop di seluruh dunia, Korea Selatan menjadi destinasi favorit wisatawan, terutama wisatawan dari Indonesia. Hal ini terbukti dari data yang Skyscanner dapat sepanjang tahun kemarin. Seoul menjadi salah satu destinasi yang popularitasnya meningkat sepanjang 2014 dan diprediksi akan menjadi destinasi idaman wisatawan di tahun 2015.


Ibu kota Korea Selatan ini menyimpan banyak hal menarik, mulai dari wisata budaya, alam, kuliner, hingga belanja. Sayangnya, banyak orang yang bilang bahwa traveling ke Korea Selatan itu mahal. Akan tetapi kalau Anda mengikuti tips dari Skyscanner berikut ini, maka sepulangnya dari sana Anda pasti bisa berkata bahwa berlibur ke Korea Selatan tidaklah semahal itu.


1. Tiket Pesawat

Korea Selatan memiliki 7 bandar udara internasional dan bandara utamanya adalah Incheon yang terhubung dengan berbagai negara di dunia, termasuk Indonesia. Ada 3 penerbangan langsung dari Jakarta ke Seoul, dengan total 25 penerbangan selama seminggu. Walau demikian, harga termurah kadang bisa Anda dapatkan dari penerbangan yang membutuhkan transit terlebih dahulu, misalnya Jakarta-Kuala Lumpur-Seoul. Selain itu, menurut data yang Skyscanner dapat, waktu termurah untuk membeli tiket pesawat ke Korea Selatan adalah 19 minggu di awal. Anda juga dapat mencari beberapa alternatif rute terbang maupun rute pulang dari kota yang berbeda untuk menemukan harga penerbangan termurahnya. Setelah tiket pesawat terbeli, Anda harus mengurus visa, karena warganegara Indonesia wajib memilikinya untuk berlibur ke Korea Selatan.


2. Akomodasi

Korea Selatan memiliki sejumlah alternatif tempat penginapan murah. Hostel atau guesthouse memang tidak terlalu umum di Korea Selatan, tetapi Anda masih bisa menemukannya di kota-kota besar, termasuk Seoul. Harganya berkisar antara 15.000-25.000 won untuk kamar asrama dan 25.000-40.000 won untuk kamar pribadi. Selain hostel atau guesthouse, ada banyak pilihan penginapan lain yang bisa Anda ambil untuk menghemat biaya, seperti minbak ataupun homestay yang serupa dengan hostel/guesthouse.


Bagi Anda yang suka menonton drama Korea, Anda pasti familiar dengan pemandian air panas yang sering ada di layar. Tempat ini mendapat sebutan sebagai “jjimjilbang” dan traveler sering menggunakannya sebagai alternatif penginapan. Selain pengunjung bisa mandi air hangat, jjimjilbang juga menyediakan tempat mandi, baju tidur, dan kadang restoran serta tempat menonton DVD. Dengan biaya masuk yang relatif lebih murah, yaitu berkisar antara 5.000-15.000 won, Anda akan dapat menginap setelah sebelumnya merelaksasi badan dengan bermandi air hangat.


3. Makanan

Harga makanan di Korea Selatan memang tergolong lebih mahal dibandingkan dengan Indonesia. Makanan murah berkisar antara 4.000-5.000 won, makanan standar berkisar antara 8.000-10.000 Won, dan makanan mahal biasanya berharga di atas 15.000 won. Untuk mencari makanan yang tidak membuat kantong Anda jebol, makanlah makanan khas Korea Selatan karena makanan ini tergolong lebih murah dan bisa Anda temukan di pinggir jalan. Anda juga dapat mencari makanan di “Kimbap Cheonguk”, yaitu semacam warteg Korea. Di sana, porsi makanan berukuran besar dan harganya biasanya di bawah 5.000 won serta kelebihan lainnya adalah tempat ini buka selama 24 jam.


4. Transportasi dan Objek Wisata

Berbeda dengan biaya makanan, biaya transportasi umum di Korea Selatan tergolong cukup murah. Sesampainya di sana, Anda tinggal membeli T-Money, sebuah kartu yang bisa Anda gunakan untuk membayar bus, subway, taksi, dan bahkan barang belanjaan di beberapa convenient store. Jadi untuk berkeliling kota, Anda bisa naik subway, bus, ataupun taksi yang biayanya juga tidak terlalu mahal.


Selain itu, pemerintah Korea Selatan juga menyediakan banyak tur gratis untuk memanjakan para wisatawan. Anda hanya perlu melihat jadwal tur gratis yang Anda inginkan di internet, mengisi formulir pendaftaran jika dibutuhkan, lalu datang ke tempat pertemuan di hari H. Anda dapat berkunjung ke Korean Tourism Office karena di sana tersedia banyak aktivitas yang bisa Anda ikuti, seperti belajar kaligrafi dan membuat kerajinan khas Korea, ataupun berfoto dengan pakaian tradisional Korea. Pilihan lainnya adalah museum khusus Hallyu/Korean Wave yang bisa Anda kunjungi dengan gratis. Dan yang pasti, Anda pun bisa naik Seoul City Tour Bus yang akan menurunkan Anda di objek-objek wisata yang ada di kota tanpa harus mengeluarkan biaya!


5. Belanja

Untuk sebagian orang, belanja adalah sesuatu yang wajib dilakukan ketika bepergian. Walau cukup mahal, tetapi bukan berarti Anda tidak bisa mendapatkan barang murah – atau bahkan gratis! – ketika berbelanja di Korea Selatan. Mainlah ke daerah Dongdaemun atau Myeongdong di Seoul, surganya tempat belanja murah. Anda bisa membeli kaus, gantungan kunci, dan berbagai oleh-oleh lain untuk teman dan keluarga di rumah. Selain itu, Myeongdong juga merupakan surga bagi para wanita karena di sinilah tempat diperjual-belikannya make up murah yang bisa membuat wajah Anda secantik wajah artis Korea. Bahkan, Anda cukup berkeliling saja dan Anda akan mendapatkan sampel gratis dari berbagai produk make up. Asyik,kan?


ARTIKEL TERKAIT

5 Kota di Malaysia Untuk Liburan Traveler Pemula!

Malaysia adalah salah satu negara yang banyak dikunjungi para traveler dari Indonesia. Alasan mayoritas traveler indones
Lebih lanjut..

Liburan Tidak Akan Terasa Mahal , Kalau Tau Manfaatnya

Bagi sebagian orang, liburan atau traveling telah menjadi kebutuhan untuk melepas penat dan mengisi kembali energi setel
Lebih lanjut..


Artikel lainnya